Sabtu, 14 April 2012

Pengecatan dinding rumah untuk hasil maksimal

tips mengecat tembok rumah
Tips Desain Rumah. Anda jenuh dengan ruang rumah anda ? salah satu solusinya adalah dengan mengubah warna cat dinding rumah minimalis anda.  Pengecatan dinding interior rumah merupakan kegiatan yang sangat memakan waktu namun sepadan dengan efek yang ditimbulkannya pada keseluruhan tempat tinggal Anda. Berikut ini tips sederhana teknik pengecatan dinding interior rumah agar hasilnya sempurna dan menghemat anggaran biaya yang harus dikeluarkan.

Kuas dan Rol cat
Gunakanlah rol cat berbahan plastik agar tahan lama. Jenis kuas yang Anda gunakan tergantung pada cat yang Anda pilih. Kuas sintetis dari nilon atau polyester bulu sangat cocok untuk cat lateks atau cat berbasis air, sedangkan kuas berbahan baku bulu sapi lebih cocok untuk cat berbasis minyak. Rol cat yang Anda pilih bergantung pada permukaan dinding. Seperti halnya kuas, bahan sintetis lebih cocok untuk cat berbasis air atau lateks, dan yang berbahan baku alami seperti bulu sapi lebih sesuai jika digunakan pada cat minyak.
cat tembok ruang tamu
Cat tembok
Pilihlah kemilau cat berdasarkan pada fungsi ruangan itu akan digunakan. Ada empat jenis  cat yang dapat digunakan dalam pengecatan yaitu flat, eggshell / satin, semi gloss dan gloss. Jenis cat flat tidak berkilau sehingga sangat cocok untuk menyembunyikan cacat pada dinding, namun jenis ini tidak tahan goresan sehingga lebih sesuai digunakan pada pengecatan langit – langit serta dinding yang jarang terkena sentuhan apapun. Berikutnya adalah jenis eggshell / satin memiliki kemilau yang sangat tipis, lebih baik dalam menyembunyikan cacat pada dinding sedangkan jenis semi gloss memiliki tingkat kemilau yang cukup bagus serta lebih tahan terhadap goresan, sangat cocok jika diaplikasikan pada lorong dan dinding kamar tidur. Jenis terakhir adalah gloss yang sangat berkilau, daya tahan terhadap goresan juga sangat bagus. Pilihlah jenis gloss untuk kamar mandi, kamar tidur anak, dapur serta tempat lain yang rentan terhadap kotoran serta sidik jari tangan. Namun perlu hati – hati karena jenis gloss juga akan dengan mudah memperlihatkan cacat pada dinding yang tidak rata.
Cat primer
Cat dasar atau lebih dikenal dengan istilah cat primer akan menyempurnakan dinding sebelum dilakukan pengecatan dengan warna pilihan Anda. Untuk hasil terbaik pada dinding rumah Anda, usahakan selalu melapisi dengan cat primer terlebih dahulu. Pilihlah cat primer yang jenis bahan bakunya sesuai dengan jenis bahan baku cat tembok pilihan Anda, misalnya cat lateks dengan cat primernya berbahan lateks juga. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat mencampurkan sedikit cat primer ke dalam cat pilihan Anda, hal ini juga akan membantu menghemat jumlah pemakaian cat saat Anda mulai mengecat dinding tempat tinggal Anda.Ikuti petunjuk dari pabrik yang tertera pada kemasan kaleng, termasuk tentang lamanya waktu cat akan kering.
cara mengecat rumah
Pengecatan
Gunakan pola teknik pengecatan seperti menuliskan huruf “W” pada dinding. Fungsinya adalah agar cat lebih merata dan tidak ada bagian yang terlalu tebal ataupun tipis. Jika menggunakan lebih dari satu galon cat, tuangkan semua galon ke dalam satu ember atau wadah dan aduk rata, sehingga didapatkan warna cat yang seragam. Selalu mengecat dari arah atas ke arah bawah, gerak dari kanan ke kiri kemudian ulangi dari kiri ke kanan. Hindari rol cat yang terlalu basah oleh cat tembok karena akan menyebabkan tetesan pada dinding serta memperbesar kemungkinan timbulnya cat yang tidak merata. Jika lapisan kedua pengecatan memang diperlukan, ikuti instruksi yang tertera pada kemasan kaleng sebelum melanjutkan proses pengecatan berikutnya. Biasanya tertera aturan untuk menunggu hingga cat mulai mengering di dinding interior rumah Anda.

sumber : http://ideinteriorrumah.com/tips-desain-rumah-pengecatan-dinding-rumah-untuk-hasil-maksimal.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar